Rabu, 04 September 2019

Profile Entrepreneur Sukses di Indonesia [dari Muda sampai yang Tua]


Entrepreneur Sukses di Indonesia. Ada banyak entrepreneur sukses di Indonesia, dari anak muda yang berusia kurang dari 30 tahun s/d orangtua yang telah masuk waktu senja. andy soewatdy bisa menjadi solusi untuk kamu.

Tetapi, seperti itu keberhasilan, dapat hadir setiap saat tanpa ada kenal umur.

Artikel ini akan mengulas tentang beberapa entrepreneur yang sudah sukses di semasing bidangnya, ada yang sukses jadi entrepreneur di bagian tehnologi, peternakan, media dan lain-lain.

Tidak semua entrepreneur sukses disebut di artikel ini, sebab bila di keseluruhan keseluruhannya, akan banyak sekali banyaknya entrepreneur di Indonesia serta tidak muat artikel ini untuk menampungnya.

Tersebut beberapa entrepreneur sukses di Indonesia yang mudah-mudahan dapat meningkatkan motivasi buat beberapa pembaca untuk dapat ikuti jejak keberhasilannya.

Chairul Tanjung
Seseorang Chairul Tanjung adalah usahawan dengan segudang ketrampilan dan usaha usaha yang berlimpah. Siapa yang anggap jika sebelum jadi atasan CT Corp beliau sudah pernah melatih ketrampilan melakukan bisnis dengan jual buku kuliah stensilan, baju, dan photo copy di universitas.

Beliau sempat juga membangun satu kios peralatan kedokteran dan laboratorium di wilayah Senen, Jakarta Pusat, tetapi gulung tikar. Chairul Tanjung‘ Si Anak Singkong’ tidak sudah pernah putus harapan dan lambat- laun ia bangun untuk menunjukkan potensi bisnisnya.

Pada tahun 2015, majalah Forbes pilih Chairul jadi orang paling kaya no 4 di Indonesia. Kekayaannya sampai US$ 4,3 miliar (Rp 53, 75 triliun). Jumlahnya itu bersumber dari beberapa bisnisnya di bagian perbankan, media dan ritel.

Trans TV dan Trans 7 serta media info online Detik. com dan CNN Indonesia adalah upayanya di bagian media.

Keahliannya melakukan bisnis juga membuat mengembangkan sayap ke sektor bisnis lain, seperti Carrefour, Bank Mega dan Waralaba es cream Baskins Robbins di Indonesia.

Bob Sadino
Bambang Mustari Sadino atau yang lebih didapati khalayak dengan julukan Bob Sadino salah satu usahawan sukses yang memulai bisnisnya dari bawah.

entrepreneur sukses di indonesia serta biografinya
by economy.okezone.com
Pengetahuan hidupnya memberikan inspirasi berbagai golongan. Dari mulai anak muda, tokoh warga sampai penguasa negara senior.

Pria yang sama dengan kesukaannya kenakan celana pendek di atas dengkul ini memang telah tutup umur. Tapi, saran, ciptaan serta ajaran sukses melakukan bisnis darinya banyak menggugah warga buat mencontohkan jejak keberhasilannya.

Usahawan kelahiran Bandar Lampung ini populer cukup eksentrik dan enjoy dalam jalankan bisnisnya.

Walau bagaimanapun, melalui usaha Kemfood dan Kemchick, beliau memberikan keyakinan jika kegigihannya meniti satu sektor bisnis pada akhirnya dapat datangkan hasil.

Dan beliau populer jadi satu orang wiraswasta asal Indonesia yang sukses melakukan bisnis di bagian pangan dan peternakan.

Sandiaga Uno
Bernama komplet Sandiaga Salahudin Uno, ialah usahawan muda sukses di Indonesia. Pada usia 40 tahun, majalah Forbes menulis Sandiaga jadi orang paling kaya posisi ke- 29 di Indonesia.

Beliau jua sudah sempat profesinya jadi satu diantara petinggi HIPMI (Himpunan Entrepreneur Muda Indonesia). Pencetus Saratoga Capital ini tepat memberikan inspirasi anak- anak muda agar bisa berkreasi dan melakukan bisnis seperti dianya.

Pendapat sukses melakukan bisnis yang terlontar darinya mengatakan jika satu kekayaan dan kesuksesan tidak berlangsung lewat cara instant. Serta ini memang benar terdapatnya. Kekayaan atau kesuksesan tidak dapat diraih melalui jalan singkat.

Achmad Zaky
Achmad Zaky adalah alumnus tehnik informatika dari Institut Tehnologi Bandung pada tahun 2004. Ketertarikannya dengan dunia informatika terlihat sejak kursi SD, dan dapat dibuktikan dari kemenangannya di berbagai persaingan dan olimpiade selama mengenyam pendidikan.

Setelah lulus dari ITB, Achmad Zaky membangun perusahaan layanan konsultasi tehnologi memiliki loabel Suitmedia.

Selanjutnya meningkatkan Bukalapak.com, setelah peningkatan Bukalapak selesai, Achmad Zaky ajak beberapa pedagang mall dan UMKM buat masuk di Bukalapak.com.

Tidak disangka ajakan ini memperoleh reaksi sangat positif, dan membuat Bukalapak.com populer dalam waktu cepat. Bertepatan dengan perubahan yang sangat cepat, permodalan dari penanam modal tetap banyak yang datang.

William Tanuwijaya
Setelah usai SMA, William Tanuwijaya berkelana ke ibukota buat melanjutkan pendidikan serta ambil pendidikan di Kampus Bina Nusantara, bagian Tehnik Informatika.

William kemudian kerja sampingan jadi penjaga warnet, dimana ia kemudian memperoleh penambahan pemasukan dan internet gratis. Dari sinilah William pertama-tama tahu internet lebih dalam.

Narasi kesuksesan bersambung disaat ia bekerja di sejumlah industri software developer dan game developer, bahkan juga di industri jual beli online KafeGaul.

William ajak satu diantara temannya yakni Leontinus Alpha Edison untuk meniti Tokopedia.com yang pada akhirnya launching pada 17 Agustus 2009.

Tanpa ada memerlukan waktu lama, Tokopedia mendapatkan penambahan pemodalan pada tahun pertamanya dan dikukuhkan jadi startup e-commerce paling baik di Indonesia oleh Bubu Awards.

Sekarang, Tokopedia jadi satu basis paling besar yang menyambung pedagang dan customer lewat cara jual beli yang terjamin, aman dan praktis.

Reza Nurhilman
Untuk yang belum tahu nama ini, mungkin saja Kamu lebih kenal ‘kripik setan’ Maicih. Benar, Reza Nurhilman adalah nama anak muda yang ada dibalik produk keripik singkong tambahan pedas yang populer itu.

Reza memulai sektor bisnis keripik singkong ini pada medio 2010 seseorang diri disaat berusia 23 tahun bermodalkan awal 15 juta rupiah. Buat bisnisnya ini, ia menggandeng satu produsen keripik lokal di Bandung.

Reza buka bisnisnya ini dengan mengaplikasikan pemasaran sederhana, yakni melalui basis sosial media, Twitter, sebelum meningkatkan sayap dengan jalankan pola keagenan yang menggunakan panggilan Jenderal agar produknya bisa mendapatkan konsumen setia yang lebih luas.

Beberapa Jenderal ini jual produknya dengan skema berkeliling-keliling atau nomaden.

Anak muda kelahiran Bandung 28 tahun yang selanjutnya ini akui kunci keberhasilannya ada pada skema berpikirnya yang out of the box, yaitu dengan tidak buka gerai seperti sebagian besar pedagang hingga membikin produknya spesial.

Melalui Twitter, beberapa jenderal memberi tahu data tempat penjualan setiap harinya. Skema penjualan yang cukup ciri khas ini dapat dibuktikan sukses mengusung nama Maicih di dunia maya.

Baru 1/2 tahun saja, omzet Maicih bisa mendapatkan Rp7 miliyar per bulan. Nilai yang hebat, kan?

Hendy Setiono
Kebab Baba Rafi dibikin sejak tahun 2007 dan fokus di Jakarta, dengan jumlahnya outlet yang awal hanya 2 sekarang telah bertambah sampai 1.200 outlet di penjuru dunia.

Hendy Setiono, laki- laki asal Surabaya itu memperoleh ide kuliner ala timur tengah ini disaat tengah bertamu ke Qatar. Dia melihat jumlahnya warung kebab disana, dan beranggapan jika kuliner itu memiliki potensi raksasa buat bertumbuh di Indonesia.

Untuk merealisasikannya, dia bekerja bersama dengan Hasan Baraja buat meningkatkan usaha kuliner itu bermodalkan mula sebesar Rp4.000.000 saja.

Setelah bekerja sepanjang 14 tahun, sekarang Baba Rafi sudah meningkatkan sayapnya sampai ke luar negeri, seperti Malaysia, Filipina, Cina, dan Sri Lanka. Hendy menjelaskan jika dia masih kepingin meluaskan upayanya ke berbagai negeri lainnya di penjuru dunia.

Perkembangan Kebab Baba Rafi tidak berhenti sampai dari sana, dapat dibuktikan dari terbentuknya pelebaran sektor bisnis Hendy Setiono, yaitu Babarafi-online.com.

Babarafi-online.com ialah sisi dari PT Baba Rafi Indonesia yang berafiliasi dalam sektor bisnis Kebab Turki Baba Rafi. Dengan ekspansi ini, sekarang ada peluang usaha waralaba Baba Rafi yang terbuka untuk beberapa calon pelaku bisnis yang ingin memulai upayanya.

Dengan demikian, Hendy Setiono sudah jadi satu diantara perintis waralaba asal Indonesia yang sukses mendunia.

Nadiem Makarim
GoJek jadi satu diantara transportasi pilihan kegemaran publik Indonesia. Dibalik GoJek, pasti kita tahu ada figur Nadiem Makarim yang namanya sering disebutkan sebab terobosoannya dalam memajukan pola transportasi di Indonesia.

Datang dari keibaannya pada tukang ojek yang sulit temukan penumpang, pada akhirnya Nadiem memiliki inspirasi untuk membuat ojek online dengan memakai perkembangan tehnologi.

Lebih semenjak dulu, Nadiem memang hoby naik ojek buat pergi serta pulang kerja. Bermula dari kegiatan rutin itu, Nadiem pingin membuahkan satu service berplatform tehnologi yang sama- sama memberikan keuntungan tukang ojek atau penumpang.

Prosedurnya jelas tidak mudah. Dari mulai susahnya langkah rekruitmen tukang ojek, sampai sebagian besar masyarakat yang masih gagap tehnologi. Ditambah lagi diawalnya berdirinya, Nadiem harus turun langsung ke pos ojek buat ajak tukang ojek berekanan.

Belum juga persaingan dengan driver konvensional yang sudah pernah memunculkan beberapa kericuhan. Pada awal meniti GoJek, Nadiem hanya memiliki 20 driver. Sekarang GoJek sudah memiliki beberapa ratus ribu driver dan mengembangkan sayap ke kota- kota besar di Indonesia.

Johnny Andrean
Siapa yang tidak tahu dengan waralaba J.CO dan Bread Talk?

Benar, ke-2 sektor bisnis ini nyatanya dimiliki oleh pendiri Johnny Andrean Salon, yaitu Johnny Andrean sendiri.

Usaha awal Johnny Andrean adalah salon. Salon itu dibuat pertama-tama pada tahun 1980- an dibagian ujung Jakarta Utara. Usaha salon dipilihnya karena bekal ketrampilan yang di ajarkan oleh ibunya.

Setelah Johnny Andrean Salon sukses bekerja, ia buka franchise di bagian kuliner yaitu BreadTalk. Perusahaan roti asal Singapore itu dipilihnya karena rasa dan peminat yang besar, mengakibatkan bukan mustahil BreadTalk akan jadi diva roti Indonesia.

Usaha itu dimulai sejak bulan Maret 2003 pada warung pertama di Mall Kelapa Gading, Jakarta.

Berlatih dari usaha waralaba BreadTalk, Johnny Andrean merasakan pingin meningkatkan usaha sendiri di segi kuliner. Tapi, berlainan dengan BreadTalk yang dibeli dari perusahaan lain, J.CO Donuts Coffee benar-benar asli rintisannya.

Setelah membuat beberapa riset dan keilmuannya di bagian membuat roti yang didapatkan sebelum buka toko BreadTalk, Johnny Andrean pada akhirnya memutuskan untuk buka J. CO Donuts Coffee dengan toko pertama pada tahun 2005.

Sampai sekarang, jumlahnya toko J. CO Donuts Coffee di Indonesia sudah mendapatkan lebih dari 100 toko. Selain itu, jumlahnya itu belum terhitung toko yang dibuka di negeri tetangga yaitu Malaysia, Singapore, Cina, serta Filipina.

Bukan tidak mungkin perusahaan donat yang telah menjamah negeri tetangga itu akan ambil hati konsumen setia di dunia.

Farah“ Farce”
Nama aslinya Farah Kemala Qurratu’ aini.“ Farce” jadi sama dengan Farah karena itu julukan usaha yang ia lakukan.

Usaha ini datang dari pengalamannya beli sepatu sneaker import lewat penghubung lokal. Dia dibuat kesal sebab sepatu pesanannya tidak segera datang. Dari sana dia memiliki pendapat, kenapa tidak jadi penghubung saja sendiri?

Pada akhirnya, dia jadi agen sepatu import, tanpa ada modal! Mengapa dapat tanpa ada modal? Dia memakai pola dropshipping.

Farah tawarkan dagangan tanpa ada beli dulu stoknya. Hanya bermodal gambar produk dari produsen atau pemasok, dia menempatkan promo sneaker. Pada saat ada yang ingin beli, dia tinggal mengontak sang produsen buat kirim demikian transaksi usai.

Sekarang Farah sudah menghasilkan sneaker sendiri.

Adrianus Vito Donato Sinaga
Vito melek tehnologi. Keunggulan itu ia gunakan dengan menyiapkan service pengerjaan situs. Tapi bukan usaha itu yang mengantarnya pada kesuksesan.

Sektor bisnis Vito yang moncer adalah usaha oleh-oleh ciri khas Medan, khususnya berbentuk produk kaus. Dibawah umur 25, upayanya itu mulai menjejaki tangga keberhasilan.

Gerai online ia dirikan berbekal kekuatannya. Penjualan dan pemasaran dicoba lewat cara online.

Vito mengetahui benar kelompok anak muda, yang menjadi target pasarnya, sangat edan bermain sosial media. Karena itu penjualan lebih besar- besaran dilancarkan lewat sosmed. Penawaran potongan harga yang dipublikasikan lewat Facebook, Instagram, atau Twitter jadi senjata mengagumkan untuk menarik konsumen setia.

Hamzah Izzulhaq
Hamzah beda . Potensi enterpreneur- nya sudah terlihat saat dia sedang kanak- kanak. Hamzah sudah sempat memeras keringat dengan jual gundu dan gambar umbul. Bakatnya mulai terasah saat ia ikuti seminar usaha pada saat duduk di kursi SMA.

10 entrepreneur sukses di indonesia dan type upayanya
by youngster.id
Hamzah lalu mengurus instansi tuntunan belajar dengan pola franchise. Jadi penambahan modal, dia berani mengambil risiko menggadaikan mobil si papah. Tentu saja dengan izin izin terlebih dulu.

Saat ini, di umurnya yang masih terbilang muda, Hamzah bisa memperoleh omzet sampai hampir Rp 400 juta per semester. Cukup, kan?

Yasa Paramita Singgih
Usaha online! Ceruk berikut yang dimasuki Yasa, remaja yang memulai bisnisnya disaat berusia remaja. Tetapi Yasa tidak ujuk- ujuk jadi pelaku bisnis online.

Semua berawal saat dia sedang menjadi murid SMP. Bapaknya terdiagnonis menderita penyakit jantung. Yasa memperhitungkan bagaimana waktu depannya kelak jika si papah tanpa.

Dia berusaha bikin gemuk tabungan dengan jadi master of ceremony alias MC. Pada saat membangun usaha online yang menekuni di bagian model, Yasa terang-terangan modal intinya adalah keberanian.

Tetapi kenyataannya keberanian itu terbayarkan. Upayanya sukses. Dia membangun usaha lain, seperti cafe dan warung kopi. Usaha kafenya ambruk, tapi hal tersebut tidak memghambat usahanya sukses dengan finansial.

Karunia Pakerti
Pria kok buat usaha di bagian kecantikan? Itu tidak jadi masalah, Gan. Seperti kata Bob Sadino, usaha yang bagus adalah yang dikerjakan, bukan ditanyakan.

Sepanjang yakin usaha itu akan sukses, ya lalui saja. Seperti Karunia. Dia jalankan bisnisnya sebagai penyuplai produk dan layanan perawatan kecantikan dengan optimisme.

ia jalankan usaha itu bersama dengan beberapa kawannya. Outlet skincare yang ia atur sekarang terdapat banyak di jalanan kota besar.

Riwayatnya sebagai enterpreneur pada saat sekolah bisa jadi berperan pada keberhasilannya sekarang. Dari jadi pedagang kaus sampai sales property sudah sempat ia jalani. Sekarang ia lebih fokus pada usaha skincare.

Beberapa entrepreneur sukses di Indonesia yang sudah disebut di atas tentu saja sudah melalui beberapa kendala serta rintangan yang tidak gampang sebelumnya.

Tetapi, mereka dapat melawannya serta merubahnya jadi keberhasilan. Jadi, bila ingin jadi entrepreneur sukses selanjutnya, jangan gampang menyerah dengan kegagalan ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar