Senin, 17 Februari 2020

Tangkal Virus Corona, Baca Panduan Menggunakan Masker yang Benar



Kecemasan pada penebaran virus corona membuat masker jadi salah satunya barang yang paling dicari. Palang Merah Indonesia (PMI) bagikan panduan memakai masker yang benar dan baik untuk menghadapi penyebaran beberapa tipe penyakit flu, terutamanya virus corona yang sekarang jadi perhatian dunia. sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.

"Ada dua tipe masker yang dipandang efisien untuk menahan atau meminimalisasi penyebaran flu, yaitu masker bedah serta N95," kata dokter Rumah Sakit PMI Bogor, Nancy Sovira di Bogor.

Salah satunya masker yang gampang didapatkan ialah masker bedah. Ada dua susunan pada masker ini, yaitu berwarna hijau ialah sisi depan serta tidak berwarna atau putih adalah sisi belakang.

Sebetulnya ada mitos berkaitan masker bedah ini. Bila sakit, karena itu yang berwarna dipakai di muka serta yang tidak berwarna di belakang atau sebaliknya. Walau sebenarnya mitos itu ialah tidak benar

Mengenai, peranan dari sisi masker yang berwarna itu untuk meredam air atau droplet tidak terhirup atau masuk ke aliran pernafasan. Selanjutnya, sisi yang di belakang atau absorben (zat penyerap), hingga waktu flu ketahan oleh susunan ini supaya tidak keluar.

Langkah menggunakannya saat ini banyak tipe masker seperti ada yang cantelan telinga, diikat, dan bikin jilbab. Dinyatakan waktu penggunaan, sisi masker yang ada tulangnya pas ada serta dipaskan dengan bentuk hidung.

Selanjutnya, sesudah cocok, sisi bawah masker ditarik supaya sisi dagu tertutup. Janganlah sampai penggunaan masker ini sembarangan hingga manfaatnya tidak cocok untuk penghambat droplet atau cairan yang dikeluarkan dari aliran pernafasan.

"Sesudah digunakan atau kontak dengan pasien pengidap flu, selanjutnya dibuka tetapi jangan menggenggam sisi yang hijau karena banyak kuman serta bakteri melekat yang dapat mengontaminasi tangan kita. Selanjutnya, waktu dibuang juga jangan asal-asalan serta alangkah lebih baiknya dihilangkan," tuturnya.

Nancy menjelaskan masker respirator atau N95 dipakai waktu dokter atau perawat hadapi pasien yang betul-betul tersangka terjangkit virus corona (2019-nCoV). Tetapi untuk sehari-harinya atau mencegah, warga dapat memakai masker hijau yang gampang dibeli, baik di apotek atau toko.

Dia menyarankan masker yang telah dipakai supaya tidak dipakai berkali-kali, seperti bila telah basah, alangkah lebih baiknya dibuang saja. Warga juga harus tahu peranan masker yang dipakai untuk apa serta jangan sembarangan membelinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar